Gading    |    Serpong    |    Kebayoran    |    Chinatown    |   Puri    |    Pluit Kapuk    |    CitraPalem    |    Bekasi    |    Cibubur    |   Sunter    |    Depok    |    Bogor

Berwisata Kuliner di Restoran Berkonsep Alam

PA238660 _cvrt

ISERPONG – Wisata kuliner bukan perkara makanan semata. Suasana restoran juga memegang peran penting untuk menarik pelanggan. Sebagian pengusaha restoran jeli melihat hal ini dan berlomba menghadirkan destinasi kuliner dengan konsep yang berbeda. Berbagai nilai tambah ditawarkan guna meraih pelanggan. Dewasa ini, di kawasan Serpong yang memang terkenal sebagai surga kuliner, restoran yang mengusung konsep alam terus bermunculan. Meski secara garis besar konsepnya sama, tapi nuansa yang dihadirkan tetap berbeda. Setiap restoran mencoba menonjolkan keunikan masing-masing demi memperebutkan pangsa pasar.

“Kita bisa lihat, kini banyak bermunculan restoran berkonsep alam di Serpong.ini menandakan konsep seperti ini banyak diminati masyarakat. Mungkin juga terkadang masyarakat jenuh menikmati makanan di suasana biasa, seperti di mal misalnya. Alternatif pilihan jatuh pada restoran berkonsep alam,” terang Ericson Budianto, Pemilik Kampoeng Aer Restaurant.

Menurut Ericson, Kampoeng Aer mengusung konsep restoran alam dengan tujuan memberikan pilihan tujuan kuliner pada customer untuk menikmati suasana bersantap yang lebih menyenangkan dalam nuansa alam yang sejuk. Restoran yang berdiri di atas lahan seluas empat hektare mempunyai kapasitas 1000 seats. Puluhan saung disediakan sebagai tempat bersantap. Kapasitas saung pun berbeda-beda sehingga bisa disesuaikan dengan jumlah rombongan pengujung. Kampoeng Aer juga menyediakan fasilitas meeting room, kolam pemancingan, kolam renang, playground, dan open stage yang bisa bisa digunakan untuk berbagai acara, seperti live music, perayaan ulang tahun, reuni, pesta pernikahan dan lain sebagainya.

Di Serpong, tepatnya di bilangan Rawa Buntu terdapat Restoran Taman Sejuk yang juga menawarkan konsep yang unik. Meski garis besarnya adalah konsep alam, restoran ini dirancang dengan memadukan nuansa tiga kebudayaan, yakni Jawa, Sunda dan Bali. Suasana sejuk begitu terasa di restoran ini. Vegetasi pohon rindang yang tersebar di seluruh area restoran membuat suasana kian alami. Belum lagi ditambah gemericik air yang jatuh ke kolam kecil di sekeliling restoran dan diselingi suara gamelan jawa. Pengalaman berwisata kuliner yang berbeda ini menjadi keunggulan restoran ini.

“Kami mengusung konsep bernuansa alam dengan benar-benar memanfaatkan alam sesungguhnya. Bahkan, posisi gazebo pun kami sesuaikan dengan letak pohon-pohon yang memang sudah ada di lahan ini. Saya rasa, bersantap di restoran alam terasa lebih segar. Itu mungkin alasan restoran seperti ini selalu diminati,” ujar Wagino, Pemilik Taman Sejuk. Resto ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, diantaranya adalah main resto,  meeting room, wedding hall, mini zoo, dan mushola. Wagino menambahkan, khusus untuk wedding hall hingga akhir tahun ini biaya sewa gedung digratiskan.

Bila kita bergeser ke kawasan BSD bagian Barat, kita bisa menjumpai satu lagi restoran bertema alam, yakni Kampung Nirwana. Dengan lahan seluas 1,4 hektare, Kampung Nirwana menawarkan suasana yang asri dipadukan lanscape unik. Saung kayu kelapa dihadirkan sebagai tempat bersantap. Restoran ini juga menyediakan kolam pemancingan seluas 100 meter persegi, playground, dan taman berkebun dan wisata yang bisa digunakan sebagai lokasi kunjungan sekolah atau instansi lainnya. Meeting room pun tersedia dengan kapasitas 30 hingga 70 orang.

“Dalam waktu dekat kami akan membangun sebuah factory outlet di area restoran. Selain itu, kami juga akan membangun sebuah lahan pertanian kecil yang ditujukan sebagai tempat kunjungan belajar bercocok tanam. Misalnya ada murid taman kanak-kanak yang ingin melakukan kunjungan atau field trip,” terang  Husain Malla, Supervisor Kampung Nirwana kepada Info Serpong beberapa waktu lalu.

Leave a Comment