Gading    |    Serpong    |    Kebayoran    |    Chinatown    |   Puri    |    Pluit Kapuk    |    CitraPalem    |    Bekasi    |    Cibubur    |   Sunter    |    Depok    |    Bogor

Bernostalgia Mengendarai Ketangguhan Jeep Willys

Wilis to Bayah (11) _cvrt

ISERPONG – Tua-tua keladi. Makin tua makin jadi. Pepatah lama ini rasanya pas dialamatkan kepada kendaraan roda empat, Jeep Willys. Di tengah banjirnya pasokan produk-produk baru, kendaraan yang populer pada masa Perang Dunia (PD) II ini tetap mempunyai banyak peminat fanatik. Indikasinya terlihat dari cukup banyaknya komunitas pecinta kendaraan kuno ini di Tanah Air. Seperti halnya di kawasan Tangerang. Ada komunitas Jeep Willys yang menamakan diri, Jeep Willys Club Tangerang.

Komunitas penggemar mobil keluaran Amerika Serikat ini berdiri sejak empat tahun silam. Djuli, Ketua Jeep Willys Club Tangerang mengatakan, Kecintaan dan keinginan melestarikan kendaraan kuno ini jadi cikal bakal dibentuknya Jeep Willys Club Tangerang yang mewadahi pecinta mobil Jeep Willys di Tangerang. “Dulu kami tergabung dalam salah satu  komunitas Jeep di Tangerang. Tapi, beberapa tahun terakhir komunitas itu mati suri. Maka, kami berinisiatif mendirikan komunitas ini. Untuk jenis Jeep-nya hanya Jeep Willys saja,” ungkap Djuli.

Djuli menuturkan, koleksi anggota komunitas ini variatif. Baik Jeep Willys versi military dan civilian. Contohnya Jeep Willys tahun 1944 yang terkenal di PD II dan Jeep Willys tahun 1951 versi M38 yang dikenal pada perang Korea. Koleksi mobil tangguh ini menjadi kebanggan tersendiri bagi pemiliknya. Apalagi hampir 80 persen kondisi Jeep Willys yang dimiliki anggota komunitas ini masih terjaga keasliannya. “Rata-rata Jeep Willys yang ada di komunitas kita masih terjaga keasliannya. Meski begitu ada pula beberapa yang sudah dimodifikasi,” tutur Mbah, sapaan akrab Djuli.

Lanjut Mbah, meski mobil kuno, tak berarti perawatan Jeep Willys ini sulit. Perawatan mobil jenis ini tak jauh berbeda dengan mobil-mobil besutan baru. Tampilan yang gagah disertai ketangguhan mesin untuk menaklukkan medan berat menjadi kelebihan mobil ini. Jeep Willys anggota komunitas ini pun masih ‘kuat’ untuk touring ribuan kilometer. Terbukti, perjalanan ke Surabaya, Lampung, Bali dan daerah lain pernah dilahap komunitas ini. “Nah, di touring ini lah sensasinya berkendara Jeep Willys. Meski sudah tua, stamina mobil masih mumpuni. Jalan menanjak, terjal dan berliku tak jadi soal,” tegas Mbah.

Layaknya komunita otomotif lainnya, Jeep Willys Club Tangerang juga rutin menggelar kopi darat setiap malam Minggu. Pelataran parkir Pusat Pemerintahan Kota Tangerang jadi homebase komunitas yang telah memiliki 20 anggota aktif ini. Sharing seputar spare parts dan perawatan mobil serta agenda touring jadi obrolan pengisi setiap kopdar.

4 Comments

  1. kuntet says:

    salam kenal tlg di bantu saya sedang mencari mobil willys untuk properti syuting ftv

    Reply
  2. kuntet says:

    ini f saya hanya kuntet saja

    Reply
  3. kunto says:

    Boleh hub 081286372015 thanks salami act

    Reply
  4. henry says:

    bos..mo numpang tny kl tierod willi 58 sm lmp belakang ada yg jual ga d tangerang..thx

    Reply

Leave a Comment