Gading    |    Serpong    |    Kebayoran    |    Chinatown    |   Puri    |    Pluit Kapuk    |    CitraPalem    |    Bekasi    |    Cibubur    |   Sunter    |    Depok    |    Bogor

Waspadai Pencurian Rumah Kosong

rumah-kosong-besar

SERPONG dikenal sebagai kawasan perumahan yang cukup luas. Masyarakatnya pun didominasi kaum urban dan pendatang. Tak heran saat lebaran tiba, fenomena pulang kampung sudah menjadi tradisi yang terjadi setiap tahunnya. Masyarakat berbondong-bondong mudik ke kampung halamannya. Tapi rumah kosong yang ditinggalkan mudik sering kali mengundang pelaku pencurian.

Menyikapi hal ini, Kompol Heribertus Ompusunggu, Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) Serpong mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi sekaligus himbaun kepada masyarakat untuk memastikan keamanan rumah sebelum ditinggal mudik. Pihaknya menyarankan sebelum mudik, warga terlebih dahulu mendata diri ke petugas RT dan RW setempat. Itu dilakukan agar rumah yang ditinggalkan terdata dan nantinya mudah untuk dipantau. “Kami sudah melakukan kerjasama dengan pihak perumahan dan petugas keamanan setempat untuk mendata warga yang ingin mudik,” kata Heribertus.

Menurut Heribertus, selain pencurian kendaraan bermotor (curanmor), tingkat kejahatan rumah kosong di Serpong cukup tinggi. Data terbaru menunjukkan setiap minggunya terjadi dua kali pencurian rumah kosong. Untuk itu, tindakan preventif menggelar operasi ketupat sudah diwacanakan. Operasi ketupat akan dilakukan dengan patroli di perumahan yang ada di Serpong. Operasi tersebut akan dilakukan tujuh hari menjelang lebaran (H-7) dan tujuh hari setelah lebaran (H+7). “Kami sudah menyediakan posko untuk pengamanan. Setiap harinya akan dilakukan tiga kali patroli pada pagi, siang dan malam hari ke perumahan di Serpong,” ujar Heribertus.

Heribertus juga berharap ada bentuk kerjasama antara warga dan pengembang bersama-sama mengantisipasi pencurian rumah kosong. Khusus bagi warga yang mudik setidaknya memberikan tanda khusus jika rumahnya ditinggalkan. Sedangkan pihak pengembang untuk meningkatkan intensitas penjagaannya selama masa libur lebaran. Selain itu, pihaknya juga telah bekerjasama dengan pihak Polda Metro Jaya dan Polres Kabupaten Tangerang untuk membantu penambahan personil. “Semua harus bersinergi untuk mengatasi hal ini. Untuk itu butuh kerjasama dan kesadarannya untuk lebih waspada,” ujar Heribertus.

Sementara itu, Muhammad Khasir, Direktur PT Kreasi Bersama Mandiri mengatakan untuk mengantisipasi pencurian rumah kosong dalam lingkungan huniannya, pihaknya telah menyebar surat edaran. Surat edaran tersebut berisi himbaun bagi para pemudik maupun tidak untuk lebih waspada lagi terhadap keamanan pasca lebaran. Selain itu, intensitas jam pengamanan pun lebih diperbanyak. “Semua antisipasi telah kami upayakan, namun saya juga berharap warga juga ikut berpartisipasi untuk mengamankan wilayahnya,” harap Khasir

Leave a Comment